6 March 2018

Wisata Keluarga ke Taman Bunga Nusantara, Cianjur

Taman Bunga Nusantara, Cianjur

Setelah lebih dari sepuluh tahun, akhir tahun 2017 kemarin keluarga besar saya kembali liburan bersama lagi. Biasanya keluarga besar kami hanya kumpul hampir komplit ketika lebaran saja hehe. Nah supaya nostalgia waktu kecil kami liburan lagi ke daerah Puncak dan Cianjur. Agenda acara kami adalah menginap di Villa Kota Bunga dan safari Malam di Taman Safari Indonesia. Untuk siang, kami berencana berjalan-jalan dan piknik lucu di Taman Bunga Nusantara. Untuk yang belum tahu, Taman Bunga Nusantara ini taman bunga pertama di Indonesia dan sudah mulai dibangun sejak tahun 1992. Taman ini memiliki banyak koleksi varietas tanaman dari berbagai negara. 

Taman Bunga Nusantara memiliki jam operasional dari jam 8.00-17.00 untuk hari Senin-Jumat dan 8.00-17.30 untuk hari weekend dan hari libur nasional. Harga tiket masuknya adalah Rp. 40.000/orang dan biaya parkir Rp. 15.000/mobil dan Rp. 10.000/motor. Selain jalur Puncak, ada beberapa alternatif akses menuju Taman Bunga Nusantara:
1. Jalur Puncak
2. Jalur Jongol dari Tol Cibubur
3. Jalur Tol Cipularang-Cianjur-Cipanas

Taman Bunga Nusantara, Cianjur

Taman Bunga Nusantara, Cianjur

Mengelilingi taman di sini selain untuk refreshing, jalan-jalan santai, dan piknik dengan keluarga bisa sekaligus untuk edukasi bagi anak-anak mengenal berbagai jenis bunga dan tanaman. Secara keseluruhan, Taman Bunga Nusantara memiliki luas 35 hektar, luas ya! Buat yang khawatir akan lelah mengelilingi taman seluas itu tapi ingin lihat semuanya, kita bisa kok mengunakan fasilitas dotto train dan golden train untuk mengelilingi Taman Bunga Nusantara. Harga tiketnya adalah Rp. 50.000 sudah termasuk harga tiket masuk. Namun train ini hanya beroperasi saat weekend saja. Ada berbagai jenis taman di Taman Bunga Nusantara diantaranya Rumah Kaca, Taman Palem, Taman Mediterania, Taman Bali, Taman Perancis, Taman Mawar, Taman Air, Taman Labirin, dan Taman Jepang. 

Taman Bunga Nusantara, Cianjur

Taman Bunga Nusantara, Cianjur
Taman Perancis yang mengedepankan kerapihan, keserasian dan keseimbangan bentuk.
Taman Bunga Nusantara, Cianjur

Taman Bunga Nusantara, Cianjur
Teratai di Taman Air
Taman Bunga Nusantara, Cianjur

Tidak hanya berisi taman bunga, di sini juga terdapat wahana bermain untuk anak loh, namanya Alam Imajinasi. Terdapat beberapa wahanan permainan seperti kolam pancing, baby excavator, kereta api, segway, sradak sruduk, bola air, gokart, ATV, dan lain lain. Namun tiap permainan ada tiket masuk tersendiri, berkisar Rp. 10.000 - Rp. 75.000. Tersedia juga pilihan paket hemat, membeli tiket untuk beberapa permainan dengan harga lebih murah, berkisar Rp. 55.000 - Rp. 80.000 untuk 3-4 permainan. Setiap permainan juga ada ketentuan umurnya, ada yang khusus balita, TK, SD, dewasa, dan semua umur. 

Taman Bunga Nusantara, Cianjur
Pintu gerbang Alam Imajinasi, wahana permainan di Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara, Cianjur
Saung Lauk, arena memancing
Taman Bunga Nusantara, Cianjur
Kereta Api Kumba Ekspress
Taman Bunga Nusantara, Cianjur
Permainan Arung Apung
Taman Bunga Nusantara, Cianjur
Suami dan asik-adik saya asik bermain gokart

Dari semua taman yang ada di sini, favorit saya adalah Taman Labirin. Taman Labirin ini memiliki beberapa pintu masuk dan tujuan akhirnya adalah taman di tengah sebagai apresiasi keberhasilan mencari jalan yang berliku . Hal seru yang selalu saya lakukan bersama keluarga disini adalah masuk sendiri-sendiri, berpencar dan berlomba paling cepat untuk mencapai taman di tengah hehe. Hal ini cukup sulit loh karena beberapa jalan merupakan jalan buntu dan tidak jarang kita harus berputar menjari jalan lain. Selain itu, tinggi tanaman untuk membuat Taman Labirin ini sekitar 2 meter, jadi kita gak bisa cari teman atau keluarga kita kecuali teriak-teriak hehehe. No telpon, video call atau pakai gadget, biar seru dong.
Taman Bunga Nusantara, Cianjur

Taman Bunga Nusantara, Cianjur
Ibu, nenek, dan uwa saya berpose di dalam Taman Labirin dan Taman Jepang :)
Taman Bunga Nusantara, Cianjur
Taman Jepang
Danau Angsa seluas 8.000 meter persegi
Tips tambahan untuk yang mau berkunjung ke Taman Bunga Nusantara:
  • Untuk yang mau datang menggunakan jalur Puncak, cek jadwal buka tutup jalan. Jangan sampai terjebak di jalan. Salah satunya bisa cek di twitter @TMCPoldaMetro atau telpon langsung ke Taman Bunga Nusantara.
  • Bawa makan dan minum, minimal makan minum ringan biar berhemat gak usah beli-beli hehe. Tapi yang gak mau repot, disini ada beberapa cafe dan resto dan jajajan-jajanan kok.
  • Bawa payung! Walaupun diprediksi gak akan hujan, kalau siang hari jalan-jalan di sini panasnya lumayan loh ternyata. Apalagi kalau jalan dengan orang tua dan anak-anak.
  • Jangan buang sampah sembarangan. Kan gemes taman taman di sini sudah cantik-cantik tapi dikotori dengan sampah. Selesai makan atau piknik, jangan lupa dibawa dan dibuang ke tempat sampah ya.

Taman Bunga Nusantara, Cianjur

Taman Bunga Nusantara, Cianjur

Taman Bunga Nusantara, Cianjur

Taman Bunga Nusantara
Jl. Mariwati KM 7, Cianjur - Indonesia 43254
P. +62 263 581 617 / 618

4 comments:

  1. Terakhir ke Taman Bunga Nusantara tahun 2016, bunganya lagi cantik-cantik banget ituu.. kayak lagi di Shibazakura Festival Jepang :D

    Salam kenal ya!
    www.missnidy.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nidy salam kenal, wah aku belum pernah ke Shibazakura Festival Jepang, semoga kapan-kapan bisa kesana hehe.

      Delete
  2. Halo Mba Naf.. Ini aku kudetnya keterlaluan kali yaa,aku baru tau kalau ada Taman Bunga Nusantara..hehehe (ketauan kecilnya jarang piknik) udh gitu itu koq baguuuss banget yaa??

    Btw Mba, kalau naik dotto train/golden train itu bisa berenti2 dlu gtu gak (buat foto2 misalnya) atau cuma jalan terus aja??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kan sayang banget banyak yang gak tau kl di Cianjur punya taman bagus banget hehe.

      Aku kurang tau nih dotto train bisa berhenti2 gitu gak soalnya aku kmrn jalan dan belum pernah nyoba naik nih :)

      Delete