Berpetualang di Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park

Sudah punya rencana mau menghabiskan liburan sekolah kemana Desember nanti? Kalau ada yang punya rencana untuk ke Bandung, ada tempat seru nih untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, yaitu Bandung Treetop Adventure Park. Tempat ini merupakan salah satu bagian dari Treetop Adventure yang tersebar di seluruh dunia. Dibuka pada tahun 2010, tempat ini menawarkan kegiatan berpetualang melewati berbagai rintangan dari pohon ke pohon.

Bandung Treetop berada di Bumi Perkemahan Cikole, Lembang. Beberapa waktu lalu saya dan keluarga datang kesini. Awalnya saya tidak berencana ikut bermain, tapi karena adik saya memaksa, okelah ikut biar lebih seru hehehe. Untuk bermain disini dikenakan biaya sebesar 200 ribu untuk dewasa dan 140 ribu untuk anak-anak. Mereka juga menyediakan paket family dan paket team building dengan harga berbeda. Untuk warga negara asing, dikenakan biaya sebesar USD 22 untuk dewasa dan USD 16 untuk anak-anak.

Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park

Dengan biaya diatas, kita bisa bermain selama 150 menit, nanti apabila waktunya sudah habis, nama kita akan dipanggil lewat speaker yang ada. Sebelum memulai aktivitas, kita akan dibriefing terlebih dahulu oleh patrol guide mengenai tingkatan sirkuit yang ada, cara kerja sirkuit, cara menggunakan peralatan dan petunjuk keselamatannya. 

Disini, instruktur atau patrol guide tidak akan ikut dengan kita ke atas pohon melewati rintangan. Mereka hanya akan mengawasi dan menasihati kita dari bawah. Maka dari itu, penting sekali untuk mendengarkan briefing ini dan memastikan kita sudah paham bagaimana cara menggunakan alat keselamatan yang kita pakai. Alat keselamatan yang kita pakai yaitu body harness, carabiner, dan pulley untuk flying fox. 

Bandung Treetop Adventure Park
Briefing oleh patrol guide sebelum memulai aktivitas
Ada 8 tingkatan sirkuit yang terdiri dari 88 tantangan dan 24 flying fox disini. Banyak kan! Tapi dalam 150 menit, kita gak bisa menyelesaikan semuanya. Jadi kita harus memilih, sirkuit mana aja yang cocok dan mau kita ikuti. Tingkatan dibawah menunjukan tingkat kesulitan sirkuit mulai dari paling mudah hingga yang paling menantang.
  1. 2 Yellow Circuit
  2. Green Circuit
  3. 2 Blue Circuit
  4. Orange Circuit
  5. Red Circuit
  6. Black Circuit 
Setiap stage memunyai persyaratan minimal tinggi karena ketinggian platformnya juga semakin tinggi. Yellow circuit adalah stage paling mudah dan bisa dilakukan oleh anak mulai dari 4 tahun. Black circuit adalah stage paling challenging dan paling membutuhkan kekuatan fisik. Ketinggian platform black circuit bahkan mencapai 20 meters dan panjang flying fox nya ada yang mencapai 135 meter. Kami sendiri memulai dari sirkuit yang sedang dan berhasil menyelesaikan 3 sirkuit dalam waktu 150 menit. Sirkuit yang kami ambil adalah orange, blue dan red.

Orange Circuit

Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park

Untuk stage pertama, saran saya jangan langsung ke sirkuit sulit, mulai yang dari agak mudah dulu. Kita perlu membiasakan untuk menggunakan carabiner dan pulley sendiri. Orange circuit memiliki lintasan tantangan yang pendek. Minimal tinggi yang diperbolehkan menaiki sirkuit ini adalah 150 cm, kalau kurang sedikit bisa kok asalkan ditemani orang tua. Beberapa tantangannya adalah jalan di dua utas tali, berjalan di kayu kayu dan flying fox. Jujur saja untuk sirkuit ini saya masih bisa melewatinya dengan tidak begitu kesulitan. 

Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park

Blue Circuit

Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park
 
Bandung Treetop Adventure Park

Blue circuit ini memiliki syarat tinggi minimal 130 cm. Sirkuit ini memiliki tantangan beberapa tantangan flying fox yang lebih panjang dibandingkan orange circuit. Salah satu flying fox yang cukup jauh bahkan melewati atas sungai. Di tantangan ini saya awalnya sempat deg-degan namun tetap memberanikan diri walau saya yakin saya berteriak cukup kencang hehe. Tapi setelah flying fox yang ini terlewati, flying fox lain terasa lebih mudah dan saya tidak takut lagi.

Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park
Tantangan memanjat jaring
Red Circuit

Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park
Tantangan tarzan jump
Kami sempat berdiskusi apakah akan menjalani red circuit atau black circuit. Namun melihat black circuit, jujur saja saya masih takut untuk melakukan tarzan jump yang cukup tinggi dan jauh haha. Akhirnya kami memilih red circuit yang tampak lebih mudah. Sirkuit ini merupakan sirkuit yang paling berkesan diantara yang sirkuit saya lewati!

Salah satu tantangan menantang adalah tarzan jump. There's always a first time for everything! Saya harus melonjat dari satu atas pohon ke jaring pohon berikutnya menggunakan satu utas tali, betul  betul sepeti tarzan untuk pertama kali. Dalam beberapa saat saya tidak mau meloncat karena takut dan berpikir untuk turun saja. Tapi akhirnya saya memberanikan diri disertai rasa gengsi, masa adik saya saja berani hahaha. Akhirnya terlewati juga loh! Betul-betul menantang adrenalin dan keberanian saya. 

Selain itu, tantangan lainnya yang cukup sulit adalah stirrup iron. Ditantangan ini saya cukup kelelahan di tengah-tengah mengatur kekuatan dan keseimbangan saya. Maklum karena jarang berolahraga. Di tantangan ini adik perempuan saya bahkan sampai berhenti di tengah untuk beberapa saat karena tangannya sudah terlalu pegal. Sampai akhirnya patrol guide naik dengan sigap dan membantu adik saya.

Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park
Tantangan stirrup iron
Tips saat mengunjungi Bandung Treetop Adventure Park:
  1. Pastikan kita memakai baju yang nyaman untuk memanjat-manjat ya hehe. Selain itu jangan lupa karena ini di Lembang, udaranya masih cukup dingin.
  2. Pakai alas kaki yang tidak licin. Saran saya pakai sepatu olahraga saja sekalian supaya nyaman dan tidak akan mudah lepas.
  3. Pakai sarung tangan. Selama satu sirkuit saya gak pakai sarung tangan lama-kelamaan mulai merah tangannya :( Secara kita kan megang tali kabel, tali tambang secara kuat terus-terusan. Akhirnya ibu saya membelikan sarung tangan dulu untuk kami pakai di sirkuit kedua dan ketiga. Sarung tangan sayangnya tidak termasuk dalam harga yang kita bayar, namun mereka menjual di bagian pendaftaran kok seharga 20 ribu, jadi tidak usah cari jauh-jauh kalau kita gak bawa.
Bandung Treetop Adventure Park
Flying fox sejauh 100 meter dan melintasi atas sungai
Menurut saya, beraktitivitas di Bandung Treetop dengan keluarga betul-betul menyenangkan! Aktivitas disini dapat menguji serta mengasah keberanian dan kekuatan kita. Banyak sekali anak-anak dan orang dewasa (termasuk saya) yang awalnya takut dan ragu-ragu untuk melewati rintangan, lama-lama menjadi percaya diri dan berani! Selain dengan keluarga, aktivitas ini juga cocok untuk team building, karena dalam melewati rintangan akan menumbuhkan kerja sama dan saling membantu sama lain.

Nah setelah selesai beraktivitas selama 2 jam lebih yang rasanya sama seperti berolahraga, kami langsung lapar! Hehehe. Untungnya di Lembang bertebaran tempat makan ya, jadi mudah deh kita cari tempat makan. Anyway thanks for reading ya!

Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park
Jl. Tangkuban Perahu KM 28, Cikole, Lembang - Indonesia 40391
P. +62 22 8278 0673
Website

6 comments

  1. Wuiss.. Ini anakku seneng banget kali yah kalo diajak kesini, thanks sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya harus dicobain kapan-kapan mba, seru deh :)

      Delete
  2. Salam kenal mbak, kunbal ya, saya pernah dengar bandung treetop tapi belum pernah kesini, saya baru 2 kali ke kopeng treetop di jateng 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba salam kenal juga ya. Yang kopeng treetop di jateng mirip-mirip juga ya kayaknya sama yang di Bandung?

      Delete
  3. Wah 200K tapi mainnya puas ya. CUma waktunya kurang lama haha. tapi kalau nggak antri sih udah puas 2,5 jam mainnya yah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya 2.5 jam cukup sih mba karena udah cape dan pegal tangannya :( Dan gak antri kok, asal orang depan maju terus gak mandek hehe.

      Delete