[IIP] Kontrak Belajar - Matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch #6

Institut Ibu Profesional

Sebelum memulai diskusi dan pemberian NHW (nice homework) pertama minggu depan, masih ada satu pra-tugas nih, hitung-hitung sekalian latihan menggunakan Google Classroom biar lancar hehe. Dua hari yang lalu, kami para peserta Institut Ibu Profesional Batch #6 diminta membuat 'Kontrak Belajar'. Kontrak belajar adalah kesepakatan yang dinegosiasikan antara learner dan supervisor untuk memastikan kegiatan tertentu yang akan dilakukan mencapai tujuan pembelajaran, dengan bukti spesifik yang menunjukan bahwa tujuan telah tercapai (UCD Teaching and Learning, University College Dublin, 2018).

Nah di kelas IIP kemarin, kesepakatan ini tidak dibuat umum antara seluruh murid dan fasilitator, tapi dibuat oleh setiap individu sebagai komitmen masing-masing dalam mengikuti kelas ini. Jadi sepakatnya sama diri sendiri gitu hehe. Buat apa hayo bikin kontrak belajar? Manfaat membuat kontrak belajar pada diri sendiri diantaranya diharapkan meningkatkan manajemen diri, refleksi diri, dan berkomitmen dalam tujuan yang ingin dicapai masing-masing melalui proses belajar. Karena kita sendiri yang menentukan tujuan, harusnya membuat kita lebih termotivasi mengupayakan cara mencapai goal itu, ya kan?

Bagi saya, goals dalam mengikuti program matrikulasi ini adalah:
  1. Berkembang menjadi wanita, istri dan (calon) ibu yang lebih baik
  2. Menjadi lebih percaya diri untuk mendidik dan mengembangkan anak dengan baik
  3. Kalau tujuan 1 dan 2 sulit diukur, maka bukti spesifik sebagai ukuran tujuan telah tercapai salah satunya adalah lulus program matrikulasi batch #6 ini.

Gimana cara supaya goals saya tercapai? Untuk mencapai tujuan-tujuan saya di atas, tentu harus ada strategi untuk mencapainya. Maka dari itu, saya membuat kontrak belajar dan berkomitmen pada diri sendiri. Agar bisa lulus dan mengambil manfaat dari program matrikulasi ini saya akan berusaha:

  1. Semangat, disiplin dan bertanggung jawab mengikuti setiap kelas dan diskusi
  2. Datang setiap kelas tepat waktu 
  3. Konsisten mengerjakan setiap NHW yang diberikan secara maksimal dan mengumpulkannya tepat waktu


Semoga saya terus bersemangat mengikuti perkuliahan ini sampai akhir ya! Hehe. Seperti pada tulisan saya sebelumnya (baca disini), saya harus ingat bahwa saya beruntung diberi kesempatan untuk bisa mengikuti kelas ini. Bismillah! :)

Nafisah Nur Azizah
Matrikulasi IIP Batch #6 Bandung 3

No comments