[IIP] NHW #5 - Learning How to Learn

Institut Ibu Profesional

Pada NHW minggu ke lima, para peserta matrikulasi diminta mempraktekan membuat desain pembelajaran sendiri. Pada materi atau soal, gak ada panduan ataupun contohnya. Kami diminta memunculkan rasa ingin tahu tentang apa itu desain pembelajaran dan menginterpretasikan sendiri. Hehe jujur aja waktu saya baca soalnya, saya bingung apa sih maksud pertanyaannya. Tapi itu kali ya esensinya, biar belajar caranya belajar (makin bingung gak). Ok, let's try!

[IIP] NHW #4 - Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

Institut Ibu Profesional

Pada sesi minggu ke empat, kami membahas mengenai mendidik dengan kekuatan fitrah. Menurut saya materi ini menarik sekali. Di jaman milenial seperti sekarang, seringkali kita mengalami 'tsunami informasi' karena kekhawatiran ketinggalan ilmu terkini. Sehingga alih-alih mendidik untuk menyadarkan dan menguatkan fitrah anak, seringkali orang tua menjejalkan dan mengatur tanpa tahu untuk apa anak harus melakukannya. Setelah mengikuti kelas dan diskusi, ada beberapa pertanyaan yang perlu dijawab utuk NHW #4 sebagai proses belajar hehe.

[IIP] NHW #3 - Membangun Peradaban dari Dalam Rumah



Materi sesi minggu ketiga program matrikulasi Institut Ibu Profesional adalah tentang membangun peradaban dari dalam rumah. Jadi dalam materi ini dijelaskan bahwa rumah adalah pondasi membangun peradaban, salah satunya adalah melalui pendidikan anak. Sekolah pertama dan utama anak itu seharusnya dimulai dari rumah. Maka dari itu peran sebagai orang tua seharusnya dijalankan dengan sungguh-sungguh. Dalam memahami peran keluarga dalam membangun peradaban ini, langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan mengetahui potensi masing-masing anggota keluarga dan lingkungan kita tinggal.

Menginap Gratis di Glamping Lakeside Rancabali, Bandung

Glamping Lakeside Rancabali, Bandung

Sebenarnya perjalanan ini dilaksanakan pada bulan Desember 2017. Sudah lama ya 8 bulan lalu, hehehe. Maklum foto-fotonya tercecer dan saya baru sempat mengumpulkannya dari berbagai device. Jadi awalnya saya dan pak suami pada bulan Februari 2017 mendapat hadiah pernikahan dari teman-teman kami berupa voucher menginap di Glamping Lakeside Rancabali. Senang sekali! Apalagi kami belum pernah kesini. Sayangnya waktu itu tanggal vouchernya bentrok dengan acara lain. Nah untungnya, voucher menginap gratis ini bisa di reschedule sampai akhir tahun 2017. Sebelum hangus, akhirnya kami buru-buru menyempatkan kesini.

Doa Sebelum Tidur dan Ketika Bangun Tidur

Photo by Burst on Pexels
Beberapa waktu yang lalu, saya sempat sulit tidur, atau terkadang terbangun tengah malam karena mimpi atau tidak nyenyak. Saya lalu diingatkan mungkin lupa berdoa sebelum tidur. Bener juga sih, kadang-kadang saya lupa membaca doa sebelum tidur karena malah keasikan main HP :( Setelah saya kembali membaca doa sebelum tidur, Alhamdulillah saya merasa pola tidur saya menjadi lebih baik dan lebih tenang. Selain itu, saya harus mengingatkan diri sendiri lagi bahwa kita manusia kan gak tau umur kita sampai kapan, gimana coba kalau taunya kita udah gak dibangunin lagi besoknya, sedangkan pas mau tidur berdoa dan inget Allah aja engga, malah asik main HP :( Yuk sama-sama baca doa sebelum tidur, gak lama kok. Ini rangkaian doa sebelum tidur dan ketika bangun yang biasa saya lakukan dari kecil, mungkin ada yang lebih lengkap lagi hehe.

[IIP] NHW #2 - Checklist Indikator Profesionalisme Perempuan

Institut Ibu Profesional

Nice homework kedua, kami para peserta program matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch #6 diminta untuk membuat checklist indikator profesionalisme perempuan. Indikator utama keberhasilan bagi seorang ibu salah satunya adalah menjadi kebanggaan keluarga karena 'customer' kita adalah anak-anak dan suami. Maka dari itu dalam membuat indikator ini, dikelompokan menjadi indikator sebagai individu, sebagai istri, dan sebagai ibu. Dalam membuat indikator ini, kami diberi panduan yaitu membuat indikator yang SMART (specific, measurable, achievable, realistic, dan timebond).

Bacaan Sholat Fardhu dan Artinya

Photo by Dan Freeman on Unsplash
Sholat adalah salah satu dialog antara manusia dengan Allah. Saya pribadi masih berusaha dan belajar supaya bisa khusyu' tiap melaksanakan sholat. Salah satu cara untuk bisa lebih khusyu' adalah mempelajari dan memahami arti dan makna dari bacaan sholat. Dengan begitu saya merasa lebih sadar dalam setiap bacaan, tidak hanya sebatas kebiasaan. Tulisan ini saya buat sebagai catatan bagi diri saya, kalau-kalau saya lupa artinya. Siapa tau juga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang baca. Walau terdapat beberapa variasi dalam bacaan sholat, di bawah ini hanya terbatas bacaan sholat fardhu yang biasa saya gunakan semenjak kecil :)

[IIP] NHW #1 - Adab Menuntut Ilmu

Institut Ibu Profesional

Menuntut ilmu adalah suatu usaha yang dilakukan seseorang untuk mengubah perilaku dan tingkah laku ke arah yang lebih baik (Materi 1 Adab Menuntut Ilmu, Institut Ibu Profesional). Menuntut ilmu bisa dilakukan dimana saja, tidak harus di sekolah, di universitas, atau pendidikan formal lainnya. Kalau kata tokoh pelopor pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara, "Jadikan setiap tempat sebagai sekolah, jadikan setiap orang adalah guru". Maka dari itu, bisa diumpamakan kalau hidup ini adalah universitas, dunia ini adalah kampusnya, setiap manusia adalah mahasiswanya, dan masalah hidup adalah ujiannya. Bedanya, masa studi kita tidak ada batasnya, selama kita hidup dan selama kita mau belajar.