[IIP] NHW #2 - Checklist Indikator Profesionalisme Perempuan

Institut Ibu Profesional

Nice homework kedua, kami para peserta program matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch #6 diminta untuk membuat checklist indikator profesionalisme perempuan. Indikator utama keberhasilan bagi seorang ibu salah satunya adalah menjadi kebanggaan keluarga karena 'customer' kita adalah anak-anak dan suami. Maka dari itu dalam membuat indikator ini, dikelompokan menjadi indikator sebagai individu, sebagai istri, dan sebagai ibu. Dalam membuat indikator ini, kami diberi panduan yaitu membuat indikator yang SMART (specific, measurable, achievable, realistic, dan timebond).

Checklist sebagai individu, rasanya paling mudah saya buat, walau implementasinya yang tidak mudah :) Alasannya karena saya tau hal-hal apa saja yang rasanya perlu saya tingkatkan. Secara umum checklist untuk individu untuk saya terdiri dari urusan agama, kesehatan, dan pengembangan diri. Untuk timebond atau batas waktu, checklist individu dan istri saya buat untuk jangka panjang.

Checklist Indikator Profesionalisme Perempuan

Dalam proses pengerjaan NHW ini, saya juga bertanya pada suami terlebih dahulu, indikator istri semacam apa sebenarnya yang bisa membuat dirinya bahagia. Jawabannya waktu itu adalah: istri yang sholeh, baik, sabar, pengertian, cantik, rajin bebersih, pintar, detail, dan rajin olahraga. Wah banyak ya pak?! Hehehe :)) Alhamdulillah dikasih jawaban jadi gak bingung ya. Jawaban pak suami ini akhirnya bisa dijadikan sebagai referensi pembuatan checklist sebagai istri. 

Checklist Indikator Profesionalisme Perempuan

Untuk checklist sebagai ibu, karena saya saat ini masih mengandung, tentunya saya belum bisa bertanya ibu seperti apa yang membuat anak saya bahagia hehehe. Maka dari itu, checklist sebagai ibu menurut saya adalah yang paling sulit saya buat karena masih ngawang-ngawang :) Checklist ini saya buat sebagai 'andaikata' saja. Nantinya selama proses berjalan, checklist-checklist ini tentu harus dievaluasi ketercapainnya dan di 'update' sesuai dengan kondisi permasalahan terbaru. Apalagi indikator sebagai ibu, tentu batas waktunya berubah-ubah, sesuai permasalahan umur perkembangan anak. 

Checklist Indikator Profesionalisme Perempuan

Semoga checklist ini tidak hanya sekedar tulisan ya, bisa saya terapkan dengan komitmen dan konsisten sehingga bisa menjadi perempuan yang profesional. Dan tentunya semoga saya diberikan kekuatan dan ridho oleh Allah SWT. Aamiin.

Nafisah Nur Azizah
Matrikulasi IIP Batch #6 Bandung 3

No comments