[IIP] NHW #8 - Misi Hidup dan Produktivitas

Institut Ibu Profesional

Materi minggu ke 8 program matrikulasi IIP belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Bicara mengenai produktivitas, ada kalimat di dalam materi minggu ke 8 yang menjadi perhatian saya: produktivitas hidup kita tidak selalu diukur dengan berapa rupiah yang kita terima, melainkan seberapa meningkat kemuliaan hidup kita dimata Allah dan seberapa manfaat hidup kita bagi alam semesta.

Terkait dengan misi hidup, dalam proses program matrikulasi dan mengerjakan rangkaian NHW ini sejujurnya saya "galau" mengenai misi hidup. Gapapa ya namanya juga proses pembelajaran hehe. Kalau kata materi dan diskusi di kelas, jalankan saja yang BISA dan SUKA seperti yang ada NHW #7, karena Allah pasti punya maksud ketika memberikan kita sebuah kemampuan. Kalau dijalankan terus menerus, kemungkinan itulah misi hidup kita. Seseorang yang sudah menemukan misi hidup akan menjalankan aktivitas produktifnya dengan lebih bermakna. NHW #8 ini mencoba menggali lagi bagaimana terapannya secara teknis.

Jadi karena materi NHW ini berkesinambungan satu sama lain, saya flashback dan baca-baca lagi apa yang saya tulis di NHW-NHW sebelumnya sebelum mengerjakan NHW #8 ini. Lalu saya melihat tulisan saya di NHW #4 tentang misi hidup. Disana saya menulis, saya ingin bermanfaat lebih bagi lingkungan dan sosial, namun hingga saat ini masih sebatas mencoba berbagi manfaat di sosial media atau blog saja, belum menjadi prioritas saya sehingga misi hidup masih fokus pada lingkup keluarga. Saya baru menyadari peran saya sebagai anak, istri dan calon ibu sehingga memiliki misi hidup sebagai istri, ibu, anak, dan pribadi yang dapat diandalkan dan mengambil peran sebagai manager keluarga.

Lalu pada NHW #7 saya menuliskan beberapa aktivitas yang saya BISA dan SUKA diantaranya, housekeeping, blogging, keuangan, planning dan schedulling, orginising, olahraga dan membaca buku. Trus saya melalui proses kebingungan lagi hahahaha (bingung terus kamu naf). Kalau diminta mengambil salah satu untuk ditekuni siapa tahu itu misi hidup kita, yang mana ya hmmm. Trus cerita dulu dikit ya, jadi pada prosesnya saya gak sengaja baca gitu:

"Langkah pertama dalam mencari ilmu adalah mendengarkan, lalu diam dan penuh perhatian, lalu menjaganya, lalu mengamalkannya dan kemudian menyebarkannya." Sufyan bin Uyainah

Dari situ akhirnya saya berpikir bahwa selain mencari ilmu saya juga ingin menyebarkannya, syukur-syukur bisa bermanfaat untuk orang lain ya kan. Akhirnya saya memutuskan untuk memilih blogging dari kuadran aktivitas di atas. Eh eh eh tapi tetap sih peran utama dan ilmu yang ingin saya tekuni itu ilmu berumah tangga seperti yang saya tulis di NHW sebelumnya. Cuma selain mencari ilmu, saya juga ingin ilmunya bisa bermanfaat untuk orang lain. Jadi kalau sekarang blog saya sebagian besar berisi traveling, saya ingin kedepannya bisa lebih banyak menulis juga tentang ilmu-ilmu berumah tangga yang saya ingin pelajarin (baca NHW #4) dan aktivitas yang saya bisa seperti arsitektur. Boleh gitu ga sih? Hehehe.


BE - DO - HAVE

1. Ingin menjadi apa? (BE)
Saya ingin menjadi manager keluarga yang handal dan berbagi ilmu melalui blogging.

2. Apa yang harus dilakukan? (DO)
Ya apa yang mau ditulis ya kalau ga punya ilmu dan pengalamannya hehe. Makanya yang harus saya lakukan pertama adalah mencari ilmunya dulu, mengamalkan, lalu berbagi melalui tulisan di blog. Yang ingin saya pelajari dan tulis adalah ilmu-ilmu yang saya tuliskan di atas. Saya harus mencari ilmu tersebut dari buku, seminar, kelas, dan sharing dengan orang yang lebih berpengalaman.

3. Apa yang ingin dimiliki? (HAVE)
Ingin memiliki blog yang bermanfaat dan memiliki pengetahuan seputar rumah tangga (terkait peran hidup), traveling (hobi, suka), dan arsitektur (bisa).


Aspek Dimensi Waktu

1. Yang ingin dicapai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
Saya ingin menjadi perempuan, istri, dan ibu yang menjadi manager yang dapat diandalkan oleh keluarga, serta berbagi ilmu yang saya tau dan bisa dengan orang lain melalui blog pribadi saya.

2. Yang dicapai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan (strategic plan)
Dalam waktu 10 tahun kedepan saya ingin menguasai ilmu berumah tangga seperti yang saya tulis sesuai milestone pada NHW #4. Ilmu-ilmu tersebut ingin saya sharing melalui blog saya, harapannya ilmu dan tulisan saya bisa lebih bermanfaat untuk orang banyak. Kalau sekarang kategori di blog hanya ada traveling dan personal, dalam 5 tahun kedepan semoga bisa menambah dengan kategori, parenting, finansial, personal development, dan arsitektur ya.

3. Yang ingin dicapai dalam kurun waktu satu tahun (new year resolution)
Karena ini udah hampir kuadran akhir tahun, sekalian aja masuk buat resolusi 2019 ya hehe. Terkait aktivitas blogging, selama 2019 saya ingin konsisten dulu menulis satu tulisan dalam satu minggu seperti yang saya tulis di NHW #2. Walau melihat teman-teman saya, sepertinya kalau sudah ada anak agak sulit karena kesibukan baru. Yaa biar gak muluk-muluk dalam setahun minimal bisa ada 30 post baru deh ya hehe #nawar. 

Nafisah Nur Azizah
Matrikulasi IIP Batch #6 Bandung 3

No comments