[IIP] Aliran Rasa - Akhir Matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch #6

Institut Ibu Proesional

Halo! Wah gak kerasa ya sudah kurang lebih 3 bulan mengikuti kuliah matrikulasi di Institut Ibu Profesional. Kalau mau flashback, tanggal 25 Juni 2018 saya ingat dari pagi menunggu jam 10 pagi untuk mendaftar kelas matrikulasi, takut terlewat mengingat kuota pesertanya hanya 1500 orang saja. Dalam dua jam saja kuota sebanyak itu langsung penuh, Alhamdulillah merasa beruntung sekali bisa diberikan kesempatan dan jalan untuk mengikuti program ini.

Tanggal 9 Juli 2017, kami akhirnya bergabung di grup whatsapp dalam kelas foundation sebelum program matrikulasi dimulai. Jadi ingat bagaimana awal berkenalan dengan teman-teman kelas Bandung 3, masih pada belum mengenal satu sama lain hehe. Tanggal 23 Juli 2017, akhirnya kami resmi masuk program matrikulasi IIP. 

Oiya, kalau boleh bercerita sedikit, saya tau IIP ini selagi surfing di Instagram, dari akun milik mbak Andien Aisyah (iya penyanyi itu ibunya Kawa hehe). Saya merasa tertarik dan perlu ikutan kelas ini karena melihat kontennya yang bermanfaat. Tujuan saya ikut program matrikulasi ini sebagai ikhtiar untuk berkembang menjadi wanita, istri dan ibu yang lebih baik serta menjadi lebih percaya diri dalam mendidik dan mengembangkan anak.

Dari awal perkuliahan yang saya rasakan adalah excited campur deg-deg-an berusaha aktif di kelas karena kayaknya most of the time jadi silent reader doang hehe. Belum lagi setiap ada materi dan NHW (Nice Homework) baru, bisa gak ya kerjain dengan baik dan maksimal hehe. Gak jarang dalam mengerjakan NHW saya berpikir dan merenung selama 2-3 hari menangkap maksud setiap pertanyaan NHW. Setiap NHW punya kesan tersendiri, tapi buat saya yang paling berkesan dari rangkaian NHW adalah mengenai misi hidup. Selama ini saya tidak pernah loh berpikir sedikitpun menganai misi spesifik kita hidup sampai akhirnya mengikuti kelas IIP ini hehe. Mengikuti kelas matrikulasi IIP ini saya belajar profesionalisme dalam mengerjakan peran, mengenal diri sendiri dan keluarga, membuat misi hidup dan milestonenya, membagi waktu dengan baik, produktivitas, dan banyak hal lainnya.

Kumpulan tugas selama 9 minggu matrikulasi IIP saya bisa dilihat disini ya. 

Hal lain yang sangat saya syukuri di dengan mengikuti program matrikulasi ini adalah karena saya Alhamdulillah dipertemukan dengan teman-teman kelas yang memiliki semangat belajar yang luar biasa dan saling memberikan energi positif. Selain itu dari acara SOTD (Star of the Day), saya bisa mendapatkan sharing pengalaman dan ilmu dari teman-teman yang lain. Sejujurnya saya minder gitu kan pas teman-teman lain mulai SOTD, mereka punya materi-materi yang bermanfaat buat dibagikan dengan orang lain. Takjub juga dengan teman-teman yang punya prestasi luar biasa atau kayaknya tau banget tujuan dan peran hidupnya untuk masyarakat luas seperti apa. Sedangkan saya sampai akhir bingung mau sharing apa haha akhirnya ya perkanalan aja hehehe. Walau kadang jadi merasa butiran debu haha, gapapa ya namanya proses belajar hehe. Kan katanya "Everyone is running their own race in their own time zone".

Terima kasih ya untuk tim IIP yang memberi wadah untuk kami belajar dan mengenal satu sama lain. Semoga NHW-NHW yang saya kerjakan ini bisa direalisasikan dan selalu saya terapkan di kehidupan sehari-hari :) Semoga juga bisa berkesempatan mengikuti rangkaian kelas lainnya.

Terima kasih untuk Teh Fadhilla sebagai fasilitator yang membimbing kami dan saling memberikan ilmu dan semangat mengikuti perkuliahan ini.

Last but not least, terima kasih untuk teman-teman Bandung 3 yang menjadi teman belajar selama 9 minggu ini, terima kasih untuk semangatnya, kebersamaannya, ilmunya. Semoga kita semua bisa menjadi orang-orang yang lebih baik lagi dan mendapat banyak manfaat dari program IIP ini dan dari satu sama lain ya. Semoga bisa bertemu di kelas-kelas selanjutnya atau dimanapun ya ❤

Nafisah Nur Azizah
Matrikulasi IIP Batch #6 Bandung 3

No comments