6 Situs Paid Survey Terpercaya dan Terbukti Membayar di Indonesia

Photo by Tumisu on Pixabay
Siapa yang mau uang jajan tambahan sambil isi waktu luang? Udah tau belum tentang paid survey atau survey berbayar? Ya jadi kita dibayar buat isi survey haha #gakmenjelaskan. Kalau dulu jaman kuliah suka ga sih diminta isi survey kuesioner, nanti dikasih imbalan snack atau beng-beng gitu? Kalau saya sering banget, dan kebetulan anaknya suka juga ngisi kuesioner apalagi topiknya menarik. Kalau jaman sekarang, banyak banget loh situs-situs dimana kita bisa ngerjain survey atau riset secara online dari perusahaan atau organisasi dan nanti kita dikasih imbalan yang bisa diuangkan!

Btw, biar gak dibilang PHP jangan ngarep uang yang dihasilkan dari ngisi paid survey bisa memenuhi kebutuhan hidup bulanan ya trus jadi sampe gak usah kerja atau punya penghasilan lain (ya semua orang juga mau dong kalau begitu). Paling buat nambah uang jajan, tapi lumayanlah hehe.

Trus kan banyak banget tuh situs paid survey yang ada ya, yang mana dong yang oke dan gak tipu-tipu? Nah, setelah coba-coba beberapa situs panel survey online selama setahun, dibawah ini ada 6 situs survey berbayar di Indonesia yang terpercaya dan sudah terbukti membayar berdasarkan pengalaman saya. Imbalannya bisa ditukar dengan berbagai macam bentuk seperti PayPal, voucher belanja, isi pulsa, dan lain-lain. Bahasa survey yang digunakan juga pastinya tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Yang perlu diketahui dalam pengisian paid survey, disetiap situs ini, setiap kali baru mendaftar, kita pasti akan mengisi survey profil terlebih dahulu. Biasanya survey profil ini berisi tentang pekerjaan, keluarga, kebiasaan perjalanan, keuangan, otomotif, belanja, olahraga, kesehatan, penggunaan internet dan lain-lain. Nantinya undangan survey yang kita terima disesuaikan dengan profil kriteria yang dicari oleh surveyor. 

1. Toluna Indonesia

(Toluna Indonesia)

Berdasarkan pengalaman saya, dari beberapa situs paid survey, Toluna Indonesia paling banyak memberikan undangan survey. Dengan menukar minimal 10200 poin, kita bisa menukar dengan beberapa bentuk imbalan berupa PayPal, pulsa isi ulang, AirAsia BIG Points, e-voucher potongan belanja Blibli, atau e-voucher GO-PAY. Sekali survey kita bisa mendapat 2000-6000 poin tergantung panjang survey.

Saya pribadi selalu menukarkan poin di semua situs paid survey dengan PayPal. Sebagai gambaran, 10200 poin di Toluna dapat ditukarkan dengan Paypal senilai Rp. 20,000. Nah karena PayPal membayar dalam mata uang USD, jadi uang yang kita terima pun nantinya tergantung dengan nilai mata uang rupiah terhadap USD. Untuk penukaran dengan PayPal, prosesnya membutuhkan waktu sekitar 4-8 minggu. 

2. MOBROG ® Indonesia


(MOBROG ® Indonesia)

Kalau di MOBROG sistemnya gak pakai poin, dari awal udah disebutkan berapa nilai imbalan survenya dalam USD. Sekali survey rata-rata bernilai Rp. 7,500 - Rp. 45,000. Pencairan saldo hanya bisa dilakukan melalui PayPal dan Skrill dengan minimum saldo 4.00 GBP atau USD 6.25. Dari pengalaman saya, undangan survey dari MOBROG tidak begitu banyak. Dalam setahun ini, saya baru berhasil menukarkan saldo minimum sebanyak satu kali. Walau kadang-kadang ya karena saya juga yang telat mengisi survey jadi keburu penuh quotanya hehehe.

3. OpinionWorld

(OpinionWorld)

Di OpinionWorld, poin hanya bisa ditukar dengan PayPal, 200 poin setara dengan USD 2. Untuk menukarkan imbalan, pastikan akun PayPal kamu terverifikasi dan sama dengan email yang digunakan untuk membuat akun OpinionWorld ya!

4. YouGov Indonesia



(YouGov Indonesia)

Di YouGov saya mendapatkan 50 - 375 poin sekali survey dan hampir setiap minggunya ada undangan survey. Minimum penukaran hadiah adalah 5000 poin yang bisa ditukarkan dengan Tokopedia e-gift card, pulsa, voucher Zalora atau PayPal senilai Rp. 200,000. Selain itu bisa juga ditukarkan dengan AirAsia BIG Points senilai 2500 atau didonasikan ke UNICEF berupa satu paket perawatan 8-minggu nutrisi darurat untuk satu anak kurang gizi! Ayo ayo yang mau sekalian donasi :)

5. SurveyOn



(SurveyOn)

Di SurveyOn, setiap survey bernilai 1000 - 6000 poin, bervariasi menurut konten dan kualitas jawaban kita. Poin bisa ditukarkan dengan pulsa isi ulang atau PayPal. Dengan 11000 poin kita bisa menukar dengan pulsa senilai Rp. 10,000 sedangkan dengan 20000 poin bisa ditukar dengan PayPal senilai USD 2. Untuk PayPal, proses permintaan penukarannya membutuhkan waktu 7-10 hari.

6. The Panel Station




Setiap survey disini berkisar 100-5000 poin tergantung tingkat kerumitan dan panjangnya survey. Tapi saya pribadi belum pernah sih dapat survey bernilai 5000 hehe, paling tinggi sekitar 500 poin. Untuk bisa melakukan penukaran, kita butuh minimal 3000 poin. Di The Panel Station, poin bisa ditukar dengan banyak bentuk seperti PayPal, Paytm, atau voucher belanja (flipkart, amazon, lazada, jumia, linio), dan lainnya.



Nah gimana? Lumayan kan ya? Isi waktu luang biar gak bosen scroll-scroll media sosial doang. Bisa disela-sela waktu kosong isi paid survey, selain kontribusi buat data dan penelitian orang bisa dapet uang jajan tambahan juga hehe. Yuk cus dicoba meluncur aja ke situs-situsnya! 

No comments