Pengalaman USG 4D di Brawijaya Clinic Bandung

Pengalaman USG 4D di Brawijaya Clinic Bandung

Hooolaaa! Jadi minggu lalu saya berniat ingin USG 4D. Sebenarnya di tempat saya kontrol biasa ada sih USG 4D, tapii entah kenapa setiap kontrol, calon bayi selalu menutup wajahnya dengan tangan lah, dengan kaki lah, pokoknya sok surprise banget gitu hehe, padahal penasaran kan pengen intip dikit :) Setelah searching di IG dan beberapa forum, saya nemu klinik yang bisa USG 4D di Bandung dan yang penting harganya cukup terjangkau, yaitu di Brawijaya Clinic Bandung. Saya pikir gak ada salahnya coba ya sekalian lagi ingin cari 3rd opinion mengenai kehamilan saya sebelum proses persalinan.

Akhirnya hari kamis saya coba telpon ke Brawijaya Clinic menanyakan jadwal untuk hari Jumat atau Sabtu mumpung suami sedang ada di Bandung. Untungnya proses bookingnya pun tidak sulit, sebagai pasien baru saya pun bisa booking via telpon saja dan tinggal melengkapi data dihari H kedatangan. Kami dijadwalkan kontrol untuk Sabtu pagi jam 9 dengan dr. Holvanta Pidingan, SpoG. Nomor urut untuk konsultasi nantinya disesuaikan per kedatangan.

Karena takut telat dapat nomor antrian, sekitar jam 8.15 kami sudah sampai klinik, rencananya daftar dulu lalu pergi cari sarapan dan balik lagi hehe. Daaaan wah terharu dong datang jam segini masih dapat nomer antrian pertama! Kalau di tempat kontrol saya yang biasa, buat dapet nomer antrian awal untuk praktek Sabtu pagi jam 9, biasanya saya harus datang sekitar jam 7.30 hahaha. 

Seperti biasa sebelum konsultasi dengan dokter saya harus isi formulir (karena pasien baru), cek tensi dan berat badan. Saya gak sempat foto-foto suasana Brawijaya Clinic tapi menurut saya suasananya nyaman, modern, dan bersih. Karena berupa klinik, ya ukurannya juga gak begitu besar, cuma karena pasiennya gak banyak banget jadi masih tenang. Ini recommended sih buat yang ga suka ke-crowded-an rumah sakit.

Jam 9 TEPAT kami dipanggil masuk. Sebelum masuk ke USG 4D, dokter melakukan pengecekan standar seperti ukuran kepala, panjang femur, lingkar perut, berat badan, detak jantung, dan posisi janin. Begitu masuk USG 4D, dari awal dr. Holvanta bilang tidak berjanji mukanya bisa kelihatan karena kehamilan sudah memasuki 35 weeks. Katanya usia kehamilan yang optimal untuk mengintip wajah dengan USG 4D adalah pada usia kehamilan 6-7 bulan.

Walau gitu, terharu banget dokternya super effort dan sabar banget usaha sampai wajahnya kelihatan. Waktu awal, seperti biasa calon bayi menutup wajahnya dengan tangan haha. Padahal sebelum ke dokter sudah saya dan suami ajak ngobrol kok supaya jangan malu dan bolehin kasih liat wajahnya. Segala cara dilakukan beneran itu sama pak dok, dipancing tidur miring kanan, miring kiri, perut digoyang-goyang biar tangannya geser, sampai saya disuruh buang air kecil dulu dan jalan bentar keluar. Akhirnya balik dari toilet tangannya sudah geser dan berhasil mengintip wajahnya walau masih sedikit terhalang. Gemes banget gak kuat! Rasa penasaran akhirnya hilang, eh engga deng, yang ada malah makin penasaran gak sabar pengen ketemu langsung. Sehat-sehat ya calon baby! ❤

Konsultasi dan 'sesi foto' kira-kira berlangsung selama 30 menit. Btw, dr. Hovlanta ini baik dan sabar banget. Selama kontrol gak ada tuh suasana tegang. Pak dok ngobrol dengan super santai, ramah, komunikatif, dan menjawab semua pertanyaan kami dengan detail. Buat yang lagi cari dokter kandungan / obgyn di Bandung, beliau recommended banget menurut saya :)


Total biaya yang saya keluarkan untuk USG 4D di Brawijaya Clinic Bandung adalah Rp404.040. Wah apa aja tuh rinciannya?

Biaya Registrasi / Administrasi : Rp25.000
Biaya Konsultasi Dokter : Rp250.000
Paket Print + Soft Copy USG 4D: Rp100.000
Buku Pasien: Rp29.040 (why gak bulat ya angkanya?!)

Kalau mau print aja gak pake soft copy bisa kok, biayanya Rp60.000 per lembar. Cuma saya dan suami pikir mending sekalian aja soalnya gemes pengen punya semua ekspresi yang kecapture selama USG hehe. Waktu itu kami dapat soft copy berupa 2 foto 2D dan 11 foto 4D (dikirim via WA). Yang di print ya gapapa cukup satu lembar aja. Lagian mengingat ini momen sangat langka karena setiap USG sebelumnya dia selalu nutupin mukanya, baru kali ini ya agak terlihat :)

Buku pasien juga sebenernya kalau gak berniat rutin kontrol kesini, bisa kok diawal bilang gak usah dibuatin buku pasien. Kalau saya sih keburu iyah-iyah aja gitu jadi dibikinin. Jadi kalau buibu cuma ingin dapet 1 print 4D + konsultasi (ya harus sih ini), biaya minimal yang perlu dikeluarkan adalah Rp335.000. 

Yang lagi mencari dan penasaran ingin USG 4D selamat mencoba ya, semoga babynya gak malu-malu ngumpet sembunyiin wajahnya hihi! 

Brawijaya Clinic Bandung
Jl. KH. Ahmad Dahlan (Banteng) No. 40, Lengkong, Bandung, 40262 - Indonesia
P. +62 22 730 8104
Website | Instagram

No comments