Prenatal Yoga dan Senam Hamil di RS Santo Borromeus Bandung

Prenatal Yoga dan Senam Hamil di Bandung
Image by Annalise Batista on Pixabay
Kali ini saya ingin membahas mengenai prenatal yoga dan senam hamil. Pada awalnya saya ingin mencoba beberapa tempat senam di Bandung, saya bahkan sudah membuat beberapa listnya. Dari beberapa referensi, buat buibu di Bandung yang ingin senam atau yoga selama hamil, bisa mencoba di RS Borromeus, Galenia MCC, RSIA Limijati, RS Harapan Keluarga, RSIA Grha Bunda, Yoga Leaf, atau Jasmine HQ Medika. Namun nyatanya saat saya pertama kali mencoba senam di RS Borromeus, saya langsung merasa nyaman dan malas untuk pindah-pindah lagi hehehe. Sebelumnya tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri ya. Saya mengikuti kelas yoga dan hamil dari bulan September - Oktober 2018. 

Buat apa sih kita ikut mengikuti kelas yoga atau senam selama kehamilan?
Menurut American Pregnancy, olahraga selama kehamilan membantu meningkatkan atau mempertahankan kebugaran fisik. Selain itu olahraga membantu mengatasi ketidaknyamanan selama kehamilan dan membantu mempersiapkan tubuh kita untuk persalinan. Manfaat lainnya diantaranya adalah membantu mengurangi sakit punggung, konstipasi, mencegah gestational dibeter, meningkatkan energi, mood, memperbaiki postur tubuh, dan membuat tidur lebih nyaman. Tentunya selama kehamilan ada jenis-jenis olahraga atau gerakan yang aman dan yang perlu dihindari. Sebagai referensi lebih lanjut bisa dibaca disini ya.

Nah lanjut bahas prenatal yoga dan senam hamil di RS Borromeus Bandung.

Gimana kalau mau ikut kelasnya?
Untuk yang pertama kali, silahkan daftar dulu di pendaftaran rawat jalan di Gedung Elizabeth lantai 1, nanti kita akan dibuatin kartu senam. Untuk selanjutnya tidak perlu daftar lagi, cukup menaruh kartu senam di keranjang sebelah loket 1 pendaftaran rawat jalan.

Setelah daftar, dimana kelasnya?
Ruangan senamnya ada di Gedung Elizabeth lantai 2, Bagian K3 (Klinik Kesehatan Keluarga). Setelah daftar atau taruh kartu senam hamil di lantai 1, tinggal naik escalator lalu belok kanan. Bagian K3 ini selain untuk prenatal yoga dan senam hamil juga menyediakan beberapa layanan lain seperti imunisasi, keluarga berencana, bayi dan anak sehat, pemeriksaan kehamilan, senam bayi, infertilitas pria dan wanita, tes alergi, hypnobirthing, pijat ibu hamil, klinik laktasi, senam nifas lanjutan, dan deteksi dini kanker rahim dengan pap smear loh.

Selanjutnya silahkan mengisi absensi. Di absensi ini kita mengisi data seperti nama, umur, no. hp, usia, usia kehamilan, dokter/bidan, rencana tempat persalinan, dan status GPA (gravida/para/abortus). Kalau kita gak kontrol kehamilan atau gak berencana lahiran di sini juga gak apa-apa kok, kelasnya terbuka untuk umum :)

Apa saja syarat mengikuti kelas prenatal yoga dan senam hamil di RS Borromeus?

  1. Usia kehamilan. Di Borromeus, untuk prenatal yoga bisa dimulai dari usia kehamilan 20 minggu, sedangkan senam hamil bisa dimulai dari usia kehamilan 28 minggu. 
  2. Rekomendasi dari dokter kandungan. Walalupun yoga bisa dimulai dari usia kehamilan 20 minggu, saya pribadi baru mendapat izin dokter untuk melakukan senam dan yoga dari usia kehamilan 28 minggu. Jadi tanyakan dulu ke dokter masing-masing ya, kapan kita aman untuk melakukan olahraga.
  3. Tensi dibawah 140. Setelah absensi sebelum masuk kelas kita akan ditensi dulu oleh bidan untuk memastikan tensi kita sesuai persyaratan.
  4. Ari-ari tidak menutup jalan lahir. Ditandai dengan tidak ada flek atau pendarahan selama trimester 3.

Apa saja yang dipelajari di kelas prenatal yoga dan senam hamil? 
Melakukan gerakan-gerakan yoga dan senam yang aman untuk ibu hamil. Dari awal kelas bidannya akan bertanya siapa yang baru pertama kali mengikuti kelas, siapa yang posisi bayinya sungsang atau melintang. Nantinya ada beberapa posisi yang dibedakan supaya membantu bayi bergerak ke posisi optimal.

Selain melakukan gerakan yoga dan senam yang aman untuk ibu hamil, kita juga diajari teknik mengejan. Untuk yang usia kehamilannya sudah diatas 36 minggu akan dipandu untuk mempraktekan langsung. Untuk yang usia kehamilan sudah diatas 36 minggu dan yang sudah mulai ada pembukaan hanya mengikuti posisinya saja namun tidak diizinkan mengejan.

Selain teknik mengejan, kita juga akan diajari senam kegel dan teknik pernapasan dalam pesalinan. Senam kegel ini bermanfaat untuk melenturkan untuk melenturkan area perinium sehingga menghindari robekan saat persalinan.

Setiap habis yoga atau senam selama 1 jam, biasanya dilanjutkan dengan kelas edukasi tentang kehamilan, persalinan, menyusui, atau perawatan bayi. Kalau yang ikut senam sabtu sesi kedua, bisa ikut kelas edukasi dulu sebelum senam. Tiap minggu tema yang saya dapatkan berbeda-beda. Untuk kelas edukasi ini, pak suami atau yang mengantar boleh ikut masuk kelas loh, jadi selain bumil, pamil juga ikut sekalian teredukasi :) 

Selama 6 kali pertemuan prenatal yoga dan senam hamil yang saya ikuti, materi yang saya dapatkan adalah mengenai:
  1. Tanda-tanda persalinan
  2. Demo memandikan bayi
  3. Perinium
  4. Video proses tahap persalinan
  5. Perawatan dan P3K pada bayi
  6. Teknik pengurangan nyeri pada persalinan

Masih banyak banget materi yang dibahas selain 6 hal diatas, kalau mau tau jadwal materinya bisa ditanya dulu ke bidan atau seingat saya mereka nempel jadwal materinya di pintu kelas senam. Yang paling ditunggu setelah yoga atau senam tentunya adalah sambil mengikuti kelas edukasi kita selalu disuguhi dengan bubur kacang ijo atau jus semangka atau jus melon. Mayan kan buu habis olahraga dikasih gratisan hehe.

Eh, berapa biayanya?
Setelah mengikuti kelas, baru kita membayar sekalian mengambil buku senam hamil yang sudah dicap di kasir K3. Biayanya adalah Rp. 35.000 untuk senam hamil dan Rp. 50.000 untuk prenatal yoga.

Manfaat apa yang terasa setelah mengikuti prenatal yoga dan senam hamil?
Sampai saat ini yang paling saya rasakan adalah badan saya terasa lebih fit dan pegal-pegal berkurang. Saya jadi tahu gerakan yang harus dilakukan kalau kaki saya tiba-tiba pegal atau bengkak. 

Thank you sudah membaca. Semoga kehamilan saya dan juga yang membaca selalu diberi kesehatan dan kelancaran ya buibu! Untuk jadwal kelas prenatal yoga dan senam hamil bisa dilihat dibawah ini ya :)

Prenatal Yoga dan Senam Hamil di Bandung
Sumber: Instagram @rsborromeus, post pada tanggal 19 Juli dan 20 Agustus 2018

Klinik Kesehatan Keluarga (K3)
Rumah Sakit Santo Borromeus
Jl. Ir. H. Juanda No. 100, Coblong, Bandung, 40132 - Indonesia
P. +62 22 255 2000

No comments