List Barang Yang Perlu Dibawa ke Rumah Sakit untuk Persalinan C-Section

What You Need to Pack in Your Hospital Bag for C-Section
Photo by PublicDomainPictures on Pixabay
Desember lalu, saya melakukan planned c-section. Jadi saya melahirkan dengan operasi caesar yang sudah dijadwalkan sebelumnya, bukan mendadak. Dari awal saya sudah tau rencananya akan menginap selama 4 hari 3 malam. Nah sebelumnya tentu saya sudah research dan membuat list apa saja yang harus saya bawa untuk ke rumah sakit. Akhirnya ini barang-barang yang akhirnya saya bawa di dalam tas. Saya membawa 3 tas, masing-masing untuk calon ibu, calon ayah, dan calon bayi. Saya memilih memisahkan tas daripada ribet isinya bercampur-campur atau berantakan :)

FOR ADMINISTRATION
Dua hari sebelum c-section, pihak rumah sakit menelpon saya untuk konfirmasi dan mengingatkan barang apa saja yang perlu dibawa. Selain barang pribadi, dokumen administasi ini perlu dibawa dan disatukan. Jangan lupa beri tau suami juga dimana kita menyimpan dokuemen penting karena nanti biasanya suami yang urus-urus pendaftaran, pembayaran dan lain-lain hehe.

BUKU REKAM MEDIK Karena awal hamil saya masih di Surabaya, lalu kehamilan trimester kedua saya di Bandung, saya punya dua buku rekam medik. Semua saya bawa untuk jaga-jaga saja.

HASIL TEST LAB Semua test lab dari awal hamil sampai test lab H-1 saya bawa semua.

KTP Wah ya ini jelas dong harus bawa ID card kemana-mana juga.

KARTU ASURANSI Jauh hari sebelum melahirkan, jangan lupa cek dulu apa RS tempat melahirkan kita dicover oleh asuransi. Kalau yang mau pake BPJS, cari tau juga jauh-jauh hari bagaimana prosesnya.

LEMBAR BOOKING Karena saya planned c-section, 2 minggu sebelum hari H saya sudah diberi surat pengantar oleh dokter spog untuk melakukan operasi.


FOR MOM

BAJU TIDUR KANCING DEPAN Konfirmasi dulu apa baju tidur kancing depan untuk ibu disediakan oleh pihak RS selama menginap. Kebetulan kalau RS saya tidak, jadi bawa sendiri.

BAJU PULANG DARI RS Bawa yang mudah untuk menyusui juga siapa tau selama perjalanan ke rumah adek bayi ingin makan.

TOILETRIES Walau disediakan, sabun dan shampoo enak yang biasa kita gunakan sehari-hari kan ya. Bawa yang ukuran travel size aja biar gak penuh. Selain itu jangan lupa bawa sabun cuci muka.

SKIN CARE Niatnya tetap ingin skin-care an selama di RS. Nyatanya ya cuci muka + pake moisturizer aja sudah Alhamdulillah. Jangan lupa untuk bawa lip balm. Setelah operasi, gak bisa langsung makan/minum sebelum bisa mengeluarkan angin, atau sampai ususnya terdengar berfungsi lagi. Saya sendiri setelah operasi jam 6 pagi, baru bisa minum jam 3 sore. Kebayang dong haus banget sedih sampai bibirnya kering.

MAKE UP Asalnya bawa biar gak kucel amat gitu ya kalau ada tamu datang. Tapi saya sih ujungnya bodo amat HAHAHA udah kucel banget juga yaelah orang mikirin drama muka bengkak gara-gara alergi obat setelah operasi.

BRA MENYUSUI + UNDERWEAR Bawa secukupnya untuk selama menginap 4 hari.

KORSET Tanya dokter masing-masing dulu ya ini boleh langsung pakai setelah operasi gak. Kalau dokter saya waktu itu gak menyarankan langsung pakai korset. Akhirnya korsetnya baru saya pakai ketika pulang dirumah. Saya beli korset murah meriah dari Sorella.

PEMBALUT NIFAS Ini gak disediakan RS. Kalau mau bisa sih nanti dikenakan biaya tambahan aja. Dari awal saya sudah bawa sebanyak 2 pack. Setelah habis dilanjut pembalut biasa aja. Saya beli merek Dacco.

NIPPLE CREAM Jaga-jaga kalau lecet. Nyatanya selama drama awal menyusui emang beneran lecet :( tapi saya gak pakai nipple cream sih, cukup pakai ASI kayak kata orang-orang Alhamdulillah dalam beberapa hari sembuh. 

CEMILAN Yaa bawa aja beberapa walau sisanya kalau jaman sekarang tinggal Go-Food aja mudah hehe.

LAUNDRY BAG Buat nyimpen baju kotor selama menginap di RS.

SANDAL JEPIT Sudah bawa sendal jepit taunya disediakan slippers dari RS.

TISSUE + WIPES Buat lap-lap tangan, atau bersih-bersih. Hygiene!

DRY SHAMPOO Saya mulai bisa turun dari tempat tidur dan langsung mandi H+1 setelah operasi. Dan selama sehari setelah operasi padahal full pake AC kan ya kamar, tapi rambut kok keringetan banget kaya habis lari keliling lapangan?!?! Harus banget sedia dry shampoo sampai bisa keramas. Walaupun saya pakai hijab tetep aja risih ya kalau lepek.


FOR BABY

BAJU PULANG DARI RS Konfirmasi lagi ke pihak RS apakah selama menginap di RS baju untuk bayi sudah disediakan. Jika sudah, tinggal perlu bawa baju untuk pulang saja. Saya sendiri bawa beberapa model baju (sleepsuit, baju panjang, dan celana panjang terpisah) tapi lebih baik yang modelnya kancing depan biar makeinnya gampang. 

KAOS KAKI + SARUNG TANGAN Untuk melindungi kaki dan tangan bayi agar tidak kedinginan. Kalau diingat-ingat, duh newborn tangan dan kakinya masih kecil sekali :)

TOPI Ini juga untuk melindungi kepala agar tidak kedinginan. Waktu beli perlengkapan bali, saya membeli topi dengan ukuran terkecil dengan ekspektasi ya kepalanya pasti kecil. Ternyata gak cukup dong! Padahal ukuran kepalanya waktu lahir normal kok 36.5 cm. Jadi baiknya waktu beli perlengkapan sudah beli beberapa ukuran topi saja. Waktu itu akhirnya saya beli dulu di baby shop RS.

SELIMUT Cukup bawa satu, kalau gak mau repot pakai topi, bawa selimut yang ada penutup kepalanya sekalian.

SWADDLE / KAIN BEDONG Sebenarnya selama di RS sudah disediakan. Ini saya bawa hanya untuk jaga-jaga saja. Bisa juga dipakai untuk yang ingin menggendong bayi, supaya gak langsung kena bajunya. 

DISPOSABLE DIAPER Ini juga untuk jaga-jaga siapa tau bayi kita gak cocok sama diapers yang disediakan oleh RS. RS tempat saya melahirkan sejak lahir bayi langsung menggunakan disposable diaper merk mamy poko untuk newborn. Alhamdulillah cocok dan tidak ruam. 

TOILETRIES Sebenernya ini tidak terpakai karena selama dirawat saya gak pernah memandikan bayi hehe. Bayinya selalu dibawa ke ruang bayi untuk dimandikan. 


FOR DAD
Ku tak mau selama di rumah sakit ditanya-tanya suami (yhaa minimal meminimalisir) "Yang, ini dimana? Yang, itu dimana?" hehehe. Pokoknya barang-barang yang dia butuhkan sudah saya kumpulkan disatu tas. 

BAJU GANTI + JAKET Bawa secukupnya.

BANTAL + SELIMUT Kasian kan pak suami. Dari RS saya kemarin kalau bukan kelas VVIP gak ada kasur untuk yang jaga, hanya disediakan sofa. Jadi biar tidurnya enakan ya bawa bantal dan selimut dari rumah aja.

HANDUK MANDI Dari RS hanya disediakan handuk untuk ibunya saja, jadi untuk ayahnya ya bawa sendiri.

SENDAL Biar gampang daripada ribet buka pakai sepatu :)

TOILETRIES Sikat gigi, pasta gigi, shampoo, sabun.

CHARGER + POWERBANK Sekalian bawa terminal juga, biar gak berebutan ngecas HP. Apalagi yang nunggu di RS bisa banyakan gak suami doang.

SARUNG + SAJADAH Bawa untuk sholat tentu saja.


That's all! Untuk ceklis lebih simpelnya bisa dilihat dibawah ini ya!


What You Need to Pack in Your Hospital Bag for C-Section

What You Need to Pack in Your Hospital Bag for C-Section

No comments