List Keperluan untuk Bayi Newborn (Part 1)

List Keperluan untuk Newborn Baby
Photo by TerriC on Pixabay
Salah satu hal paling penting dan paling menyenangkan selama kehamilan menjelang kelahiran adalah belanja barang-barang keperluan bayi! Dari awal hamil saya udah gemes menunggu-nunggu saatnya waktu belenja datang hehe. Kalau kata orang-orang tuh pamali gitu kan soalnya belanja keperluan bayi sebelum usia kehamilan tujuh bulan. Walau nyatanya mertua saya lebih excited lagi, bahkan sudah mulai beli-beli dari usia kehamilan saya sekitar tiga-empat bulan.

Sambil menunggu kehamilan mencapai usia tujuh bulan, saya sudah terlebih dulu membuat shopping list sambil research merk apa yang akan dibeli, kira-kira berapa buah, di mana saya akan beli (online atau di toko), dan lain-lain. Saya ingin nanti tidak ada yang terlewat kebeli :) Walau begitu, saya juga harus memilih-milih lagi, kira-kira barang apa yang tidak perlu-perlu amat sehingga tidak perlu beli. Atau misalnya bisa dibeli kalau alokasi budget masih tersedia. Atau bisa request sebagai kado ke keluarga atau teman hehe. Bagaimanapun juga jangan sampai kalap belanja dan melebihi budget ya!  Hidup anak kan gak cuma pas lahir doang, mending dialokasikan untuk biaya lainnya.

Secara garis besar, saya mengelompokan keperluan menjadi 8 bagian: baju, bedding, pee & poo, toiletries, ASIP, perlengkapan ibu, perlengkapan laundry, dan others.


Beberapa catatan penting selama belanja keperluan bayi:

  • Banyak banget ya pilihan toko tempat belanja baik fisik maupun online. Apalagi online waw bejibun banget. Pilih toko yang terpercaya, yang jelas menjual barang asli dan gak kw. Misalnya beli baju, saya pribadi lebih milih merek lokal ber-SNI yang murah tapi asli daripada maksa beli baju import tapi kw yang gak jelas kualitasnya :)
  • Gak usah beli baju bayi ukuran newborn banyak-banyak. Apalagi gak ada rencana suka keluar rumah. Jangan kalap hanya karena baju bayi lucu-lucu. Dari pengalaman baju ukuran newborn beberapa bahkan hanya muat selama sebulan dua bulan aja. Kalau setiap hari nyuci baju kayak saya, buat awal cukup baju pendek setengah lusin, baju panjang setengah lusin, baju pergi setengah lusin. Lagian biasanya kado-kado banyak yang ngasih baju (Alhamdulillah ya!)

Barang-barang yang nyatanya tidak begitu urgent untuk dibeli atau ternyata tidak terpakai (berdasarkan pengelaman pribadi):

  • Untuk baby box / crib, lebih baik sewa dulu saja satu bulan untuk lihat apa anaknya mau atau cocok. Saya beli baby box dari sebelum lahir dengan niat supaya anak ya tidur sendiri di box walau satu kamar. Tapi sayangnya dia anteng tidur di box cuma sampai 1.5 bulan aja. Setelah itu pengennya ikut tidur di kasur :) Kan mending sewa aja kalau gitu ya. Cuma lumayan ya terpakai kalau nanti anaknya sudah mulai bisa guling-guling. Daripada ditaruh di kasur kalau ditinggal bentar, gak safe, mending di box.
  • Popok kain ternyata gak terpakai sama sekali (ya pernah sih dua kali doang HAHA). Dari lahir sejak di rumah sakit ternyata sudah pakai disposable diapers dan Alhandulillah gak ruam seperti yang ditakutkan. Udah sayang dong keburu beli popok kain selusin kan! Yaudah coba lah pakai 2 kali, meh ribet banget ya tiap pipis atau poop lagsung ganti mana bayi pipisnya sering banget kan ya. Dan ribet harus nyuci. Sudahlah akhirnya tak terpakai padahal udh heboh beli sama insert clodi segala :(
  • Sterilizer ternyata gak begitu urgent kalau untuk newborn. Awal awal apa sih yang dicuci kan paling botol susu dan alat pumping ya. Berhubung saya dirumah dan jarang banget kasih asi lewat botol jadi sterilizer gak butuh-butuh banget. Masih bisa pake sterilisasi tradisional aja a.k.a direbus. Mungkin nanti lebih terpakai kalu sudah mulai mpasi ya. Ini akhirnya saya gak beli dan Alhamulillah dapet kado dari teman hehe.
  • Pikir-pikir dulu bakal sering berpergian pakai stroller gak. Kalau jarang jalan-jalan ya nanti aja belinya. Atau siapa tau lebih suka baby wearing aja gak ribet kan angkut-angkut stroller.
  • Car seat juga lebih baik sewa dulu aja buat dicoba bayi nya bisa anteng apa engga. Saya juga sewa dulu, ternyata langsung cocok. Teman saya ada yang beberapa kali sewa merek car seat sampai menemukan yang cocok. 

Semoga membantu dan bermanfaat ya! 

8 comments

  1. Saya belum menikah, baca tulisan ini jadi pengen punya bayi. penasaran dengan ngerawatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe terima kasih sudah baca tulisan saya ya :)

      Delete
  2. Saya belum menikah, baca tulisan ini jadi pengen punya bayi. penasaran dengan ngerawatnya

    ReplyDelete
  3. Noted mba, buat nanti kalau dapet rejeki hamil dan punya baby biar ngga kalap belanja. Aamiin ya Allah,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mba Insya Allah. Terima kasih ya sudah baca tulisan saya.

      Delete
  4. Seneng nemu blog mbak naf, aku yg udh kalap ngelist barang2 newborn akhirnya mikir ulang dan bikin skala prioritas. Makasih ya mbak 🙏

    ReplyDelete
  5. Very efficiently written information. It will be beneficial to anybody who utilizes it, including me. Keep up the good work. For sure i will check out more posts. This site seems to get a good amount of visitors. Best Baby Humidifier

    ReplyDelete