List Keperluan untuk Bayi Newborn (Part 2)

Photo by Niek Verlaan on Pixabay
Ternyata sesulit itu ya curi-curi waktu untuk bisa nulis blog kalau ada bayi hihihi. Bener kata orang-orang, kalau bayi udah tidur tuh ya yang ada kita ikut tidur atau engga scrolling social media atau online shopping :) Akhirnya setelah 1 bulan, saya sempat dan mood juga lanjutin post sebelumnya tentang list keperluan untuk bayi yang harus dibeli (baca disini). Pada tulisan sebelumnya saya membuat ceklis barang dan beberapa catatan dalam membeli item bayi, kali ini saya ingin berbagi mengenai merek-merek rekomendasi beberapa item tersebut menurut saya pribadi.

BAJU BAYI Sampai sekarang Arsyad hampir 5 bulan, saya sudah mencoba berbagai macam merek baju bayi. Sampai saat ini favorit saya untuk baju sehari-hari adalah Little Palmerhaus, Boogybaby, Fluffy Baby Wear dan Bohobaby. Buat saya merek-merek ini pas tebalnya dan cocok motifnya hehe. Buat yang ingin review merek baju lokal maupun import lebih lengkap, bisa baca blog Shinta Michiko ini, saya terbantu banget baca dari sini.

BABY COT / CRIB Awalnya saya bingung mau beli yang cot jaring atau crib kayu gitu. Akhirnya memutuskan untuk beli baby cot saja karena lebih mudah dibawa-bawa dan dilipat nantinya. Selain itu karena pinggirnya jaring, gak perlu ribet harus pake bumper atau takut anak kejedug. Dari awal kalau baby cot saya sudah ngeceng Nuna Sena. Setelah survey langsung pun makin yakin untuk beli Nuna Sena. Kenapa? Dibanding baby cot lain, Nuna Sena ini rangkanya kokoh banget, dia gak goyang-goyang atau mudah bergeser. Selain itu pemasangannya mudah banget daaan desainnya minimalis hehe.

SELIMUT Dari beberapa selimut, paling suka dengan bahan dan motif dari Maison Elmesa! Motifnya gemes-gemes banget bikin pengen beli banyak dan bahannya juga halus.

PERLAK Saat periode belanja waktu itu sempat gak jadi beli perlak beberapa kali karena kok bahannya gini sih kaku gitu perlak karetnya. Sampai akhirnya nemu merek Sugar Baby. Perlak karetnya empuk, gak kaku, gampang dibersihkan, dan punya beberapa motif juga :)

BOTOL ASIP Saya pakai merek BKA. Tutupnya karet silikon kedap udara dengan kapasitas botol 100 ml. Ada emboss takaran ukuran volumenya sehingga memudahkan banget saat nakar ASIP. Soalnya beberapa merek botol kaca lain ada yang gak ada takaran volumenya hehe.

PLASTIK ASIP Masih BKA juga. Sempat coba merek lain tapi balik lagi ke BKA hehe. Saya pakai yang kapasitas 100 ml. Kelebihan BKA ini salah satunya adalah adanya thermal sensor, jadi waktu ngangetin, gak bingung segimana panasnya. Ada special funnel yang bikin mudah untuk nuang, jadi ASI nya gak tumpah kemana-mana. Safety zip locknya double jadi lebih aman. Bahannya tebal dan dove gitu bukan tipe glossy. Selain itu, space buat nulis data seperti nama, tanggal dan waktunya juga lebar gak kaya beberapa merek lagi, jadi leluasa aja hehe. 

BREAST PUMP Sebelum melahirkan, saya sempat bingung dan research cukup lama mengenai breast pump ini. Apakah mau beli atau sewa, apakah mau manual atau electric, mereknya mau apa. Setelah cari dan tanya sana sini, saya memutuskan membeli Spectra 9+. Selain banyak banget yang merekomendasikan ini, saya memilih Spectra 9+ ini karena kecil sehingga mudah dibawa, dapat dioperasikan manual dan electric, serta dapat dijadikan single atau double pumping. Nyatanya seiring berjalan waktu saya selalu menggunakan mode electric (yang manualnya belum pernah pakai sama sekali) dan selalu single pumping (karena alasan malas mencuci banyak-banyak hehehe). Untungnya juga saya sudah beli breast pump ini sebelum lahiran, nyatanya terpakai banget karena Arsyad sempat kuning dan saya harus segera menyediakan ASIP. Kalau harus sewa dari RS ya lumayan juga kan dihitung perhari biayanya.

BAK MANDI BAYI Walaupun agak mahal dari bak mandi bayi biasa percayalah pakai Richell Soft Baby Bath tuh enak banget. Pertama ini gak keras karena bak mandi tiup dari soft vinyl, buat saya yang amatiran gini jadi kalau mandiin gak khawatir kepalanya kebentur atau gimana. Kalau bayinya agak bisa duduk gitu dia enjoy gitu nyender karena empuk. Trus buat yang kerjanya nomaden atau sering travel, ini gampang dikempesin dan tiup lagi jadi gak makan tempat. Btw ini udah disediain sama pompanya juga.

NOSE CLEANER Ini terpakai saat bayi lagi suka ingusan gitu, kasian kan lihatnya gak bisa keluarin ingus hehe. Kadang bayinya keganggu dan jadi agak sedikit cranky. Kalau kata orang  sedot aja pake mulut. Iyuh maaf tapi menurut saja jorok banget, situ yakin mulutnya steril? Gak jadi malah transfer kuman ke bayinya? Saya pakai NoseFrida. Tipe yang begini menurut saya lebih enak daripada yang tipe biasa yang kayak pompa karena daya hisapnya lebih mudah terkontrol.

NURSING WEAR Jaman sekarang baju menyusui banyak banget modelnya pun beragam ya. Saya lebih nyaman menggunakan baju menyusui apalagi kalau berpergian. Kalau untuk dirumah cukup pakai piyama atau daster dengan kancing depan. Beberapa brand nursing wear favorit saya untuk berpergian diantaranya Mamibelle Nursingwear, Nyonya Nursingwear, Syaline Hijab dan Monomom.

DETERGENT BAYI Dari beberapa merek yang pernah saya coba, saya paling cocok dengan Sleek Baby Laundry Detergent. Wangi dan busanya pas saja menurut saya. Selain untuk di rumah, saya juga punya kemasan travelnya. Kalau menginap satu dua hari ini berguna banget, gak ribet.

STROLLER Kalau bagian gear seperti stroller atau car seat sebetulnya saya serahkan pada pak suami. Saking banyak tipe, model, dan harus sesuai dengan budget juga. Kami menggunakan membeli Joie Litetrax 4.



That's all! Yang saya gak bahas dari list di post sebelumnya berarti gak ada merek favorit dari saya. Tapi boleh ditanya juga. Semoga bermanfaat ya untuk pertimbangan dalam membeli perlengkapan bayi. Happy shopping dan hati-hati kalap hehe :)

No comments