9 Rekomendasi Podcast untuk Ibu-Ibu

Photo by Moose Photos from Pexels
Sejak setahun lalu saya mulai mendengarkan podcast. Jujur aja bahkan saya baru tahu di dunia ini ada podcast hehe telat banget ya. Jadi di rumah tuh saya sehari-hari cuma berdua sama anak saya, trus kebetulan saya dan suami emang berkomitmen gak ngasih screen time dulu sama anak sampai dia dua tahun. Ini artinya selama siang berdua di rumah saya tuh beneran gak pernah nyalain TV hehe. Nah kan jadi supaya gak sepi banget (apalagi anaknya belum bisa ngobrol) saya kadang-kadang nyalain musik atau podcast. Podcast tuh kayak dengerin radio aja gitu cuma bedanya isi kontennya kita bisa pilih sesuai yang ingin kita dengerin. Banyak banget podcast dari dalam maupun luar negeri yang bisa kita dengerin. Topiknya tuh beragam bangt mulai dari cerita, berita, politik, komedi, olahraga, sosial, budaya, pendidikan, kesehatan, lifestyle, bisnis, teknologi, musik, keluarga, wah pokoknya banyak banget.

Saking banyaknya, pas awal saya bingung mau dengerin channel mana ya. Buat buibu, nih saya kasih 9 rekomendasi podcast pilihan yang biasa saya dengar saat ini.

Podcastnya Puty Puar, seorang Blogger, illustrator, penulis buku dan content creator. Saya suka ilustrasi dan tulisan-tulisannya di instagram @byputy. Podcastnya sendiri dibuat bulan Februari 2019. Buat saya isi podcastnya menarik, sangat related banget denganku dan setiap sesinya tidak panjang-panjang sehingga tidak bosan dengarnya hehe.

Rumah Dandelion sendiri adalah tempat pendidikan anak usia dini dan tumbuh kembang anak. Di Jakarta Rumah Dandelion mengadakan kegiatan-kegiatan untuk stimulasi perkembangan anak. Rata-rata  pembicara di Rumah Dandelion ini psikolog. Podcastnya sendiri tidak jauh-jauh seputar tumbuh kembang anak dan keluarga, psikologi, pernikahan. 

Saya pribadi tau Bu @damarwijayanti pertama kali dari instagram. Dari beliau, saya mulai tertarik dan belajar mengenai montessori parenting (dan langsung jatuh cinta). Podcastnya bercerita tentang penerapan filosofi montessori dalam kehidupan sehari-hari, bagaimana Bu Damar mendampingi tumbuh kembang anaknya yang berusia 2 tahun menggunakan interpretasinya akan filosofi dan metode montessori.

Podcast ini menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar. Ini juga seputar parenting. Jujur saja sebagai ibu baru saya struggle dengan parenting puzzle ini jadi yaaa mencoba membekali diri aja haha. Podcast ini membahas parenting problems seperti tantrum, hitting or bitting, sibling rivalry, potty training dan lain-lain.

Pembicarnya suami istri gitu, @sheggario dan @nuchabachri. Topiknya beragam banget dan podcastnya udah cukup banyak saya sendiri belum dengar semua sih. Tapi so far bahasannya ringan dan santai, curhat bapak ibu aja begitu.

6. Obrolan Babibu
Ini obrolan ngalor ngidul gitu sih beneran kadang kaya kemana bahasannya tapi kadang bener bikin ketawa ngakak hehe. Topiknya juga beragam sih ga cuma seputar pernikahan aja.

Podcast berisi kumpulan cerita santai dari pengalaman pengasuhannya tim keluarga kita. Jadi ya masih sepuatar parenting dan keluarga ya.

Obrolan ringan dan topiknya luas banget. Ini isinya buka parenting kok bukan hahaha. Topiknya bisa ngomongin start up, finansial, karir, film, pernikahan, dan lain-lain.

Bosen isinya denger parenting mulu jadi kadang ya denger juga masalah spiritual ya kan. Nouman Ali Khan ini founder dan CEO Bayyinah TV dan lead instructor travelling seminar gitu. Podcastnya mengenai isi Al-Qur'an. Btw bahasa pengantarnya bahasa inggris ya.

Nah itu dia, makanya saya kasih judul untuk ibu-ibu, karenaa mostly isinya tentang parenting dan keluarga hehehe. Btw buat yang belum tau, di mana sih kita bisa mendengarkan podcast? Buat dengerin podcast kita bisa download aplikasi yang ada di Play Store atau Apps Store diantaranya, Apple Podcast, Spotify, Soundcloud, Podcast Go, Podcast Addict, Google Podcast, Anchor, dan lain-lain. Saya pribadi biasanya mendengarkan via Apple Podcast atau Spotify. Yang sudah biasa denger podcast, biasanya pada denger podcast apa? Share yuk siapa tau menarik hihi.

1 comment

  1. Wah aku juga lagi suka dengerin podcast. Makasih rekomendasinya ya..

    ReplyDelete